Rabu, 29 Februari 2012

PEMANFAATAN EKSTRAK TOMAT (Lycopersicum Esculentum Mill) SEBAGAI ZPT (ZAT PENGATUR TUMBUH) GUNA MENGATUR PERTUMBUHAN TANAMAN

Diposting oleh Sinta Ayu di 06.44

*Lomba Karya Tulis Ilmiah Agroteknologi Fair dan Contest (AFC)

                                                       ABSTRAK
         Lum’atul Fitria, Sinta Ayu Rohmatika, Dharratuz Zahiroh


       Tomat merupakan sayuran buah yang termasuk komoditas andalan pertanian Indonesia dimana sangat dikembangkan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Produktivitas tomat Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa harga tomat dipasaran justru mengalami penurunan. Tomat pada umumnya dimanfaatkan menjadi beberapa produk olahan, seperti saus, jamu, sambal dan sebagainya. Disisi lain tomat juga dapat dijadikan sebagai ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) yang mana merupakan hormon yang diperlukan oleh semua jenis tanaman.
       Telah dilakukan penelitian mengenai bagaimanakah pemanfaatan ekstrak tomat sebagai ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) guna mengatur pertumbuhan tanaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode pengumpulan data dan uji eksperimen. Uji eksperimen yang dilakukan adalah sistematika pembuatan ZPT dari ekstrak tomat. 
      Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak tomat dapat dijadikan sebagai ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) pada tanaman. Dimana tomat mengandung hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tanaman seperti auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, etilen dan kalin. Adapun cara pembuatan ZPT dari tomat adalah dengan cara di ekstrak dengan penambahan EM4 ataupun MOL sesuai kadarnya.

 

Chin's Blog Cantique Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea