Minggu, 29 Mei 2011

PENERAPAN SISTEM PERTANIAN TERPADU SRI (SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION) GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADI DI KABUPATEN JOMBANG

Diposting oleh Sinta Ayu di 06.57

*Juara 1 dalam LOMBA KARYA TULIS ILMIAH GEBYAR PERTANIAN IPB 2010

ABSTRAK
Lum’atul Fitria, Sinta Ayu Rohmatika

Penerapan sistem pertanian terpadu SRI (System of Rice Intensification) merupakan solusi dari permasalah pertanian bangsa saat ini, baik masalah kesuburan tanah ataupun kesehatan manusia. Metode System of Rice Intensification (SRI) merupakan usaha tani padi sawah irigasi secara intensif dan efisien dalam pengelolaan tanah, tanaman dan air melalui pemberdayaan kelompok dan kearifan lokal serta berbasis pada kaidah Pertanian Organik Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan (PRLB).
Telah dilakukan penelitian mengenai bagaimana penerapan dan hasil produktifitas padi dengan menggunakan metode pertanian terpadu SRI (System of Rice Intensification) pada tanaman padi di Kabupaten Jombang, yang merupakan salah satu daerah swasembada padi di Provinsi Jawa Timur.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode pengumpulan data dan wawancara.
Pengumpulan data dan wawancara dilaksanakan di Dinas Pertanian dan daerah persawahan Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang.
Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prinsip peningkatan produksi padi berbasis organik berpola SRI meliputi pengelolaan tanaman, tata air (sistem irigasi), pemupukan berbasis organik dan kekuatan biologis tanah (soil biological power). Selain itu, menghasilkan keuntungan lebih besar, membutuhkan biaya lebih hemat, menghasilkan produktivitas lebih banyak dan membantu pertumbuhan dan sistem perakaran tanaman serta meningkatkan jumlah anakan, jumlah malai berisi dan produktivitas tanaman padi secara berkelanjutan.dari pada budidaya padi konvensional.

Kata Kunci : Padi, Sistem pertanian terpadu SRI (System of Rice Intensification)

 

Chin's Blog Cantique Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea