Minggu, 29 Mei 2011

Indonesia, Tempat Terbaik Untuk Buka Usaha

Diposting oleh Sinta Ayu di 06.45

LONDON - Indonesia dinobatkan sebagai tempat terbaik bagi pengusaha untuk memulai usaha. Ini merupakan hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan BBC.

Berturut-turut di tempat kedua hingga kelima adalah AS, Kanada, India dan Australia. Sementara daftar lima terbawah ditempati Rusia, Italia, Turki, Mesir dan Kolombia. Demikian seperti dikutip dari BBC, Jumat (27/5/2011).
Jajak pendapat ini dilakukan atas 24 ribu orang di 24 negara. Responden ditanyakan empat hal, yaitu apakah inovasi sangat dihargai di negara mereka, apakah sulit bagi mereka untuk memulai usaha, bagaimana orang yang memulai usaha sendiri dihargai dan apakah orang yang memiliki ide dapat mempraktekkannya dengan mudah.

Indeks penilaian berasal dari nilai rata-rata (pada skala dari satu hingga empat) dari empat pertanyaan tadi. Namun jajak pendapat ini tidak membuktikan alasan mengapa orang memberikan penilaian.

Indonesia berada di posisi pertama dengan nilai hampir tiga. Indonesia ada di atas nilai negara maju seperti AS, Kanada dan Australia. Semua negara maju yang disurvei nilainya rata-rata tinggi, kecuali Italia, yang jauh di bawah nilai rata-rata. Negara berkembang yang dinilai baik oleh rakyatnya untuk memulai usaha baru adalah India, China dan Nigeria.

Secara kawasan, empat negara di Asia Timur dan Pasifik mendapat nilai tinggi. Tapi satu kawasan belum tentu mendapatkan nilai serupa. Di Amerika Latin, Meksiko dan Peru mencetak nilai relatif tinggi, namun Brasil dan Kolombia nilainya jauh di bawah rata-rata. Sementara di Eropa, Italia dan Spanyol mencetak nilai rendah. Nilai buruk dua negara ini diimbangi oleh Jerman, Prancis, dan Inggris yang dinilai negara yang ramah untuk pengusaha.

Jajak pendapat dilakukan untuk BBC World Service oleh perusahaan survei internasional, GlobeScan bersama Program on International Policy Attitudes Universitas Maryland.

 

Chin's Blog Cantique Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea