Minggu, 19 Juni 2011

PENGHEMATAN DAN EFISIENSI ENERGI MELALUI PENERAPAN BAHAN BAKAR LPG (LIQUEFIED PETROLEUM GAS) SEBAGAI SUBTITUEN BENSIN PADA MOTOR

Diposting oleh Sinta Ayu di 01.13

Berikut merupakan abstrak dari karya tulis kami (Sinta Ayu Rohmatika, Lum'atul Fitria, Nur Sabilillah) yang mengantarkan kami menjadi finalis (4besar) dalam SWOT Himka ITS 2011.

Indonesia merupakan negara dengan produksi bahan bakar sedikit tetapi mengkonsumsi bahan bakar dalam jumlah yang besar. Komponen energi yang paling besar dikonsumsi masyarakat adalah bensin yang merupakan hasil fraksi dari minyak bumi. Namun, ketersediaan minyak bumi di Indonesia semakin lama semakin minipis, sehingga pemerintah mengeluarkan keputusan untuk pembatasan penggunaan bensin bulan maret 2011 mendatang. Hal tersebut tentu menjadi krisis tersendiri di masyarakat seiring dengan kenaikan harga bensin yang semakin mahal. LPG merupakan alternativ energi subtituen dari bensin pada motor sebagai bentuk efisienli dan penghematan energi guna menuju Indonesia yang mandiri.

Telah dilakukan penelitian mengenai penerapan konversi LPG dengan bensin dan mengenai nilai ekonomisnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literature.
Dari hasil penelitian dan pembahasan, LPG dan bensin merupakan hasil fraksi dari minyak bumi yang memiliki komponen utama alkana. Senyawa hidrokarbon pada LPG adalah gas propana dan butana sedangkan senyawa hidrokarbon pada bensin berupa n-heptana dan isooktana. Sehingga LPG dapat dijadikan sebagai subtituen bensin pada motor dengan sedikit modifikasi pada komponen mesin. Selain itu, LPG sebagai konversi dari bahan bakar bensin jauh lebih hemat dibandingkan dengan bensin, yakni dengan penghematan sebesar Rp.88.000,- per 4 minggu (1 bulan). Apabila ditinjau dari jarak tempuhnya, 1 kilogram LPG bisa menempuh jarak 100 sampai 200 km. Maka, satu tabung 3 kilogram LPG bisa untuk jarak tempuh berkisar 300 sampai 600 kilometer, sedangkan 3,3 liter bensin hanya mampu digunakan dalam jarak sekitar 100 kilometer.

Kata Kunci : LPG (Liquefied Petroleum Gas), Bensin, Motor BBG (Bahan Bakar Gas)

 

Chin's Blog Cantique Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea