Senin, 20 Juni 2011

Seminar HAM APYN (Asia Pasific Youth Network) Bersama Alha-Raka Jombang

Diposting oleh Sinta Ayu di 18.38


Pada tanggal 19 Mei 2011, MAN Tambakberas mengadakan seminar HAM APYN(Asia Pasific Youth Network ), yang berarti Upaya berjejaring melalui pelatihan HAM bagi kaum muda di Asia Pasifik yang intens menyuarakan isu-isu HAM.
Hal ini membuat siswa-siwi sangat tertarik untuk mengikutinya. Sehingga para peserta banyak yang ingin mengikuti acara tersebut. Maka dari itu MAN mengeluarkan kebijakan bagi mereka yang ingin mengikuti pelatihan ini, lazim(harus) untuk mengikuti tes terlebih dahulu, dan peserta diambil secukupnya. Dalam kegiatan ini, Al Haraka-lah yang membimbing para siswa-siswi untuk belajar tentang HAM lebih mendalam.

Al Haraka merupakan sebuah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang isu-isu pemberdayaan masyarakat kecil di kota Jombang yang mengantarkan jejaring ini memasuki wilayah pendidikan pesantren. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena direktur Alharaka, Muslimin Abdilla adalah jebolan pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas.
Menurut saya yang termasuk peserta kegiatan ini, acara ini sangat bermakna, sehingga dengan terlaksananya pelatihan ini, saya lebih tahu tentang HAM. Dan lebih pentingnya lagi saya lebih mengetahui pelanggaran HAM yang sebenarnya pada sebelumnya saya salah menafsirkan hal tersebut. Dan mungkin bagi teman-teman masih banyak yang belum mengetahui, bahwa pelanggaran HAM ialah pelaggaran yang dilakukan negara atas ketidak peduliannya terhadap Hak Asasi Manusia. Karena negara telah berjanji dan juga telah ada bukti termaktub. Maka apabila pelanggaran HAM yang tidak melibatkan negara maka hal tersebut belum bisa dikatakan pelanggaran HAM, seperti halnya Yuyun mencubit Rina. Hal ini tidak merupakan pelanggaran HAM karena tidak melibatkan HAM, melainkan tindak kriminal. Namun jika pihak yang bertugas (dari negara) tidak melanjutinya, maka hal tersebut termasuk pelanggaran HAM.

Refrensi : http://mantambakberas.com

 

Chin's Blog Cantique Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea