Minggu, 19 Juni 2011

PEMANFAATAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE) SEBAGAI KERIPIK DAUN SIRIH

Diposting oleh Sinta Ayu di 01.31

Berikut merupakan abstrak dari hasil karya tulis ilmiah kami (Tiara Yucha, Sinta Ayu Rohmatika, Dyah Fatimatussholichah) pada LOMBA KARYA TULIS ILMIAH SE-INDONESIA UNESA tahun 2010.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat terlepas dari obat-obatan. Baik obat-obatan tradisional maupun yang diproduksi oleh pabrik-pabrik. Akan tetapi obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik mengandung bahan kimia yang apabila dikonsumsi terlalu sering akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.
Daun sirih sebagai tanaman obat sangat berperan penting dalam kehidupan. Daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demam berdarah, bau mulut, asma, haid tidak teratur, radang tenggorokan, gusi bengkak, membersihkan mata, dan masih banyak lagi manfaat daun sirih untuk kesehatan.
Kebanyakan masyarakat menyukai makanan ringan untuk dikonsumsi seperti keripik. Keripik dari daun-daunan produksinya masih sedikit, misalnya keripik bayam. Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian ini bertujuan untuk menjadikan daun sirih sebagai keripik yang dapat berkhasiat sebagai obat. Selain itu juga menambah variasi keripik dari daun-daunan.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literatur, angket atau kuisioner tertutup dan uji eksperimen. Angket disebarkan kepada 40 responden yang terdiri dari guru, karyawan dan siswa MAN Tambakberas Jombang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa daun sirih dapat dijadikan keripik yang bermanfaat sebagai obat, selain itu keripik ini juga dapat diterima oleh masyarakat. Dari 40 responden dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif terhadap rasa, aroma, kerenyahan dan kesukaan terhadap keripik daun sirih. 95% responden menyatakan bahwa keripik daun sirih mempunyai rasa enak gurih. 87,5% responden menyatakan bahwa keripik daun sirih mempunyai aroma netral. 87,5% responden menyatakan bahwa keripik daun sirih renyah. 87,5% responden menyatakan menyukai keripik daun sirih.

Kata kunci : Daun sirih, Keripik.

 

Chin's Blog Cantique Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea